Gumukpasir sekitar Lab. Geospasial

Lab. Geospasial

Keberadaan bangunan megah dengan arsitektur modern itu memang mencolok di kawasan yang dihuni masyarakat nelayan, petani, dan peternak yang hidupnya sangat bersahaja. Meski rencana pembangunannya diprotes penduduk setempat namun pembangunan tempat tersebut tetap dilaksanakan.

Gambar  Kenampakan gumuk pasir disekitar Lab. Geospasial

Gumuk pasir disekitar Lab. Geospasial merupakan bagian dari gumuk pasir pasif yang memanjang hingga Sungai Opak. Proses pembentukan gumuk pasir ini disebabkan oleh adanya proses eolin atau angin yang bertiup dari pantai selatan. Tinggi muka airtanah di sini adalah 3-4 meter dengan ciri-ciri yang tidak asin atau masih alami belum ada intrusi air laut dengan drainase tinggi karena kondisi tanahnya yang berpasir. Batuannya tersiri dari batugamping di bagian bawah dan pasir untuk bagian atas yang berasal dari Sungai Opak. Penggunaan lahan di sini banyak digunakan sebagai usaha palawija seperti cabe, kacang tanah dan terong dengan metode mencampur pasir dengan tanah yang diambil dari luar. Namun ada juga yang memanfaatkan sebagai kolam budidaya ikan yaitu dengan membuat cekungan dan menggunakan plastic yang diisi oleh air dan diisi oleh ikan lele. Selain itu didaerah sekitar sini sudah mulai ada permukiman penduduk yang terlihat baru,hal ini tentu saja akan mengganggu pembentukan gumuk pasir. Mata pencaharian penduduk disekitar sini adalah sebagai petani.

Gambar  Pemanfaatan lahan disekitar Lab. Geospasial

Flora yang banyak terdapat didaerah ini adalah jambu mete, glirisede, dan akasia. Sepertinya adanya larangan pemerintah untuk tidak mengambil serasah daun di gumuk pasir ini tidak diindahkan oleh masyarakat karena ternyata masih ada juga warga yang mengambi serasah. Fauna yang banyak terdapat di sini adalah sapi hal ini terlihat dari adanya kandang sapi di sepanjang jalan. Permasalahan yang timbul didaerah ini adalah adanya pumping terhadap airtanah sehingga semakin kearah Kretek airtanah semakin dalam.

One Response

  1. mantaps…
    lanjutkan terus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: